Visi dan Misi

Visi

”Terciptanya lulusan yang trampil, berakhlak mulia dan kompeten dibidangnya.”

Visi tersebut mencerminkan cita-cita sekolah dengan indikator :

  1. Unggul dalam pengembangan kurikulum yang Visibel
  2. Terwujudnya pendidikan yang bermutu, releven dan memiliki saing yang tinggi
  3. Terwujudnya pendidikan yang adil dan merata bagi peserta didik
  4. Kompeten sesuai dengan jurusan menjuarai LKS (lomba  keterampilan siswa) dan nilai tertinggi UKK
  5. Memiliki akhlak yang baik terutama jujur, disiplin dan bertanggung jawab
  6. Peningkatan jumlah peserta didik di DUDI serta pada perguruan tinggi 

Misi

Selanjutnya, berdasarkan visi di atas, maka disusun misi SMK Nasional Padang sebagai berikut :

  1. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan tamatan yang berkualitas, terampil dan potensial di bidangnya.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana kegiatan belajar dan mengajar.
  4. Menciptakan iklim kerja yang kondusif.
  5. Meningkatkan kerjasama dengan DU/DI.

Tujuan

a. Tujuan Umum

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Mengembangkan  potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab;
  3. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;
  4. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.

b. Tujuan Khusus

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha dan Dunia Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam Program Studi Keahlian yang dipilihnya.
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam Program Studi Keahlian yang diminatinya.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari, baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan Program Studi Keahlian yang dipilih.